Senin, 22 Oktober 2012

Serba-serbi tips

Tips Tidur Berkualitas Ala Atlet Olimpiade

Istirahat dan tidur adalah bagian yang penting untuk pemulihan tenaga seorang atlet. Tetapi selama masa Olimpiade, waktu istirahat tidaklah sebanyak ketika latihan. Untuk itu, yang dibutuhkan bukanlah lamanya tidur tetapi kualitasnya.
Seorang ahli kesehatan tidur olahraga, Nick Littlehales, telah bekerja dengan semua tim atlet bersepeda Inggris untuk memastikan mereka bisa merasa segar dan siap menghadapi pertandingan ketika tersadar dari tidur.
Berikut beberapa tips tidur berkualias ala atlet Olimpiade:
1. Pastikan kasur, bantal dan selimut dapat memberikan dukungan yang tepat.
2. Pilih tempat tidur yang tidak menyulitkan jalan napas, nyaman dan dapat menginduksi tidur. Tempat tidur untuk atlet biasanya berkontur (ada garis batas), bagian atas matras sensitif tekanan, berbahan linen, selimut sensitif suhu.
3. Rencanakan waktu bangun tidur dengan baik sehingga Anda bisa mengira waktu untuk bergegas naik tempat tidur.
4. Tidur pendek di siang hari karena itu merupakan jam tidur alami untuk manusia. Antara pukul 1 hingga 4 sore carilah tempat yang tenang untuk duduk atau berbaring sejenak. Tak perlu lama-lama, cukup 20 menit.
5. Jangan biarkan diri Anda terlalu lelah saat tidur, karena hal ini akan membuat Anda melewatkan tahapan-tahapan tidur dan langsung menuju tidur dalam. “Ini kontra-produktif,” jelas Nick.
6. Makan dan minum dengan baik dan cukup dapat sinar matahari.
7. Jika tak ada pendingin ruangan, buka jendela kamar untuk membiarkan udara segar masuk karena tempat tidur dan kamar tidur memerlukan suhu 16 derajat C dan 18 derajat C (suhu optimum untuk menjamin tidur malam yang baik).
8. Makan malam terakhir adalah 3 hingga 4 jam sebelum tidur, snack setidaknya 90 menit sebelum tidur. Hal ini untuk memastikan Anda tidak tidur dengan usus atau kandung kemih yang terlalu penuh.
9. Matikan semua gadget.
10. Ke kamar mandi untuk buang air 15 menit sebelum tidur. Ini mencegah Anda terbangun di tengah malam karena ingin buang air kecil
11. Gunakan lampu dengan cahaya redup atau matikan sama sekali. Ini akan membuat Anda lebih santai dan memicu produksi hormon tidur melatonin, yang bisa membantu meredakan stres dan meringankan ketegangan otot.
12. Jangan letakkan gelas di samping tempat tidur, karena itu akan memicu tubuh untuk bangun dan minum.
13. Hindari menggunakan alarm dari ponsel atau komputer, itu adalah alat komunikasi. Gunakanlah alarm yang benar-benar berasal dari jam.
14. Untuk waktu tidur yang optimal, tidurlah dengan posisi janin (menekuk kedua kaki ke arah dada atau melungker) dengan sisi tubuh yang non-dominan, misal Anda dominan menggunakan tangan kanan maka miringkan tubuh ke posisi kiri, dan sebaliknya.

Cara Tetap Langsing dan Melakukan Perawatan Tubuh ala Dewi Sri Spa Di Rumah

Martha Tilaar mengedukasi perempuan memaksimalkan produk alami perawatan tubuh juga mempraktikkan cara alami menjaga bentuk tubuh agar tetap ideal dan langsing melalui kegiatan kecantikan di akhir pekan.
Sekitar 130 pelanggan loyal Martha Tilaar dari Jakarta dan sekitarnya mengisi akhir pekan melalui program Precious Weekend with Dewi Sri Spa di The Bridge, Hotel Aston Rasuna, Kuningan, Sabtu (10/3/2012).
Selain mendapatkan tips untuk tampil cantik dan segar, peserta juga diajak untuk melakukan berbagai perawatan spa Indonesia di rumah. Sebagai inspirasinya, para peserta mendapatkan pengetahuan tentang langkah-langkah untuk melakukan spa secara mandiri tanpa mengandalkan salon kecantikan, serta melakukan senam sliming sendiri di rumah melalui 10 gerakan sederhana.
Tak hanya itu, para peserta juga dibekali pengetahuan untuk mendapatkan tubuh langsing ideal melalui teknik Mind Slimming atau Hypnolangsing. Pesan pentingnya, perempuan dapat melakukan berbagai cara untuk memiliki tubuh yang langsing tanpa perlu diet ketat dan bersusah payah menahan lapar. “Untuk mendapatkan tubuh langsing tidak perlu diet, yang penting adalah menghubungkan kembali komunikasi antara pikiran dan tubuh, serta alam bawah sadar bahwa Anda ingin langsing,” jelas Juli Triharto, pakar Hypnolangsing.
Spa di rumah
Untuk mendukung perawatan spa di rumah, program Precious Weekend Dewi Sri Spa mengajarkan caranya. Salah satunya penggunaan produk alami berasal dari padi yang memaksimalkan perawatan kulit. Padi punya banyak manfaat untuk kecantikan dan kemulusan tubuh perempuan dengan kandungan vitamin E dan ceramide yang berfungsi merangsang pertumbuhan sel kulit baru untuk membantu regenerasi kulit. Ekstrak padi yang dipadukan dengan minyak esensial murni memaksimalkan perawatan untuk menjaga kecantikan kulit.
“Dewi Sri Spa mengandung ekstrak padi, lemon dan nilam untuk menjaga kelembutan dan merawat kulit tetap cantik,” Dian Asmarani, Brand Manager Martha Tilaar menjelaskan manfaat produk spa alami kepada peserta kegiatan kecantikan di akhir pekan tersebut. Dian menambahkan, perawatan kulit ala spa yang bisa dipraktikkan di rumah ini tersedia dalam tiga rangkaian koleksi, yakni Classic Series, Signature Series, Collectible Series.

Merawat Kecantikan dengan Spa

Ciptakan sensasi kelembuatan Spa di rumah Anda. Spa bukan lagi menjadi gaya hidup komunitas jet set, tetapi kini sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat umum terutama bagi mereka yang dituntut untuk tetap bugar dalam lingkungan kerja yang sibuk, stress dan berpolusi.
Perawatan spa membantu tubuh, pikiran dan jiwa menjadi lebih bugar. Melakukan spa sekarang lebih praktis dikerjakan sendiri dirumah sehingga bisa menghemat waktu dan biaya. Sariayu Beauty Spa menghadirkan rangkaian produk perawatan Spa yang bisa dilakukan sendiri di rumah dalam waktu yang singkat.
Hal yang paling penting saat melakukan spa dirumah, adalah menciptkan suasana relaksasi. Dimulai dari penyiapan lilin dan minyak aromaterapi dan musik yang menenangkan seperti suara alam, atau instrumen jazz/klasik.
BODY SPA
Scrubbing
Bermanfaat untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati, serta memacu regenerasi kulit sehingga kulit menjadi bersih dan halus. Gunakan Sariayu Body Scrub Series yang kaya akan ekstrak tumbuhan alami dan essensial oil untuk menjaga kelembutan kulit agar tidak kering. (Photo natasha scrubbing dan referensi 4 produk sariayu body scrub, tambahkan ambance daun ato apa kek disekitar produk)
Tips :
Lakukan gerakan memutar ke arah jantung saat menggosok tubuh dengan lulur
Bersihkan dengan washlap
Massaging
Bermanfaat melancarkan peredaran darah pada tubuh. Gunakan Sariayu minyak urut zaitun yang diperkaya dengan minyak essensial mawar untuk memberikan relaksasi dan mengurangi ketegangan otot serta stress. Lanjutkan dengan penggunaan Minyak Zaitun untuk kulit yang sangat kering sehingga kelembaban dan kekenyalan kulit tetap terjaga.
Tips : Lakukan gerakan rotasi ke arah jantung dan dilanjutkan dengan penekanan pada titik meridien
Bathing
Gunakan Sabun Sariayu lulur kencana dengan keharuman yang tahan lama dan Sabun Sariayu Mangir Jelita yang menjadikan kulit bersih menjadi lebih cerah bercahaya. Lengkapi dengan mandi berendam.
Moisturizing
Bermanfaat untuk memberikan nutrisi bagi kulit agar terjaga kelembaban dan kehalusan kulit seluruh tubuh. Gunakan Sariayu Body Lotion Putih Langsat agar kulit lebih cerah dan bercahaya atau Sariayu Body Lotion Tanjung untuk keharuman lebih lama.
Scented Refreshing
Bermanfaat untuk memberikan keharuman pada tubuh sehingga menciptakan efek segar dan relaks. Tips : Tuangkan cologne pada telapak tangan, kemudian oleskan pada titik titik nadi hangat tubuh seperti tengah dada, belakang telinga, leher dan lipatan siku

11 Tips dan Cara Keramas Yang Tepat Untuk Menghindari Kerontokan Rambut

Mencuci rambut secara teratur berfungsi untuk menjaga rambut tetap bersih dan indah. Namun, bila salah dalam pencuciannya bisa menyebabkan rambut rontok. Berikut ini adalah beberapa tips dari stylish and trendy tentang cara mencuci rambut yang efisien untuk mengurangi kerontokan rambut.
1. Basahi rambut seluruhnya sebelum menerapkan shampo. Hal ini membuat bahan kimia yang ada pada shampo tidak langsung terserap oleh rambut.
2. Ambil shampo secukupnya untuk membersihkan rambut. Hindari penggunaan shampo yang terlalu banyak karena malah membuat rambut menjadi kering setelah keramas.
3. Oleskan shampo pada rambut sambil memberi pijatan secara lembut dengan jari Anda. Fungsinya tidak hanya menghilangkan kotoran dan minyak di kulit kepala, juga dapat melancarkan peredaran darah pada kulit kepala yang dapat merangsang pertumbuhan rambut.
4. Bilas shampo di rambut sampai bersih agar kandungan kimia tidak menempel pada rambut.
5. Jika rambut Anda sangat kotor, kembali terapkan shampo, namun dengan takaran shampo yang lebih sedikit. Cara mengetahui rambut Anda kotor adalah, saat memberikan shampo pertama kali jika tidak terlalu berbusa maka rambut Anda sangat berminyak dan kotor.
6. Terapkan kondisioner hanya pada ujung rambut saja dan diamkan tiga sampai lima menit, lalu bilas rambut.
7. Setelah bersih, biarkan kelebihan air pada rambut, jangan memutar rambut atau memelintirnya karena rambut akan rontok.
8. Ambil handuk, lalu tekan-tekan rambut pada handuk. Jangan menggosoknya, karena gesekan akan membuat rambut rontok.
9. Hindari menyisir rambut saat rambut sedang basah, karena pada saat itu, rambut masih sangat rapuh. Jika sudah setengah kering, sisir rambut dengan sisir bergigi jarang, untuk menghindari kerontokan.
10. Hindari mengeringkan rambut dengan alat pengering rambut (hairdryer). Keringkan rambut secara alami.
11. Jika Anda melakukan blow dry, pastikan Anda melakukannya secara hati-hati. Rambut jangan ditarik terlalu keras dengan sisir blow.

Khasiat Klasik Dan Terbukti Secara Ilmiah Dari Minyak Zaitun

Khasiat zaitun dikenal sejak ribuan tahun lalu karena mengandung asam oleic (oleic acid) dan polifenol yang mampu menjadi antioksidan bagi kulit, dan rambut yang biasa menjadi keluhan setiap wanita, seperti keriput, kulit bersisik hingga rambut bercabang. Berikut beberapa perawatan dari zaitun untuk rambut hingga kulit agar selalu terjaga kelembutannya.
Rambut
Gunakan buah zaitun dalam bentuk minyak untuk menjaga sinar mahkota Anda. Caranya, oleskan ke seluruh bagian rambut dari pangkal rambut hingga ujung. Bisa juga dicampurkan dengan bahan lain seperti alpukat yang sudah dihancurkan atau kemiri, selain bersinar, rambut Anda akan terlihat lebih hitam dan tebal.
Wajah
Menghapus garis kerutan serta menunda penuaan dini pada wajah dengan mengoleskan zaitun ke seluruh bagian wajah yang sudah mulai dihinggapi garis-garis kerutan dan kering. Sambil diberi pijatan, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.
Kulit
Setelah melewati usia 18, kulit akan mengalami penurunan daya elastisitas karena kerusakan akibat radikal bebas seperti polusi atau berkurangnya kolagen dan serat elastis. Akibatnya, timbullah keriput-keriput halus. Oleh karena itu, oleskan zaitun ketika mandi atau sebelum melakukan aktivitas, ke seluruh bagian tubuh. Zaitun mampu memberi rasa lembab serta kandungan oleic acid yang mampu mengenyalkan kulit.

Manfaat Minyak Zaitun Dalam Mencegah Kanker Payudara Pada Wanita

Meskipun cita rasanya telah menjadi daya tarik zaitun selama ribuan tahun, penelitian modern menyajikan alasan lain untuk mengonsumsinya: minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh berantai tunggal, vitamin E dan polifenol. Dua senyawa terakhir itu berkhasiat menurunkan risiko kanker.
Sejak lama para ahli telah mengetahui pola makan seseorang terkait dengan risiko terjadinya kanker payudara. Selain anjuran untuk menghindari makanan tinggi lemak, para ilmuwan kini menyarankan para wanita untuk melakukan diet Mediterania yang berbasis buah, sayur, biji-bijian, serta minyak zaitun, sebagai jalan terbaik untuk sehat dan terhindar dari kanker payudara.
Riset yang dilakukan ilmuwan dari Spanyol terhadap mencit di laboratorium menunjukkan, senyawa dalam minyak zaitun akan menghalangi gen-gen yang bertanggung jawab dalam pertumbuhan sel tumor pada payudara. Minyak ini juga bekerja dengan mematikan protein yang menjadi “sumber makanan” sel kanker.
Dr.Eduard Escrich, ketua peneliti, menyarankan kita untuk mengonsumsi minyak zaitun 50 ml, atau setara 10 sendok teh minyak zaitun murni setiap hari. Namun, ia mengatakan bahwa khasiat dari minyak zaitun sebagai penangkal kanker ini baru bisa dipetik bila gaya hidup ini diterapkan dalam jangka panjang.
Diet ala Mediterania sudah diakui para pakar terhadap perlindungannya untuk berbagai penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, Alzheimer, Parkinson, dan juga untuk melangsingkan tubuh.
Yunani merupakan negara konsumen minyak zaitun terbesar di dunia. Orang-orang di negara itu mengonsumsi 20 kali minyak zaitun lebih banyak dibanding orang Inggris dan Italia, yang juga termasuk sebagai produsen utama minyak zaitun.

Daftar Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan

Minyak zaitun sudah digunakan sejak berabad-abad lalu untuk kebutuhan konsumsi, juga untuk kecantikan para wanita. Keefektivitasannya sudah teruji melewati batas ruang dan waktu. Mau mencoba minyak alami ini untuk kecantikan Anda? Berikut adalah hal yang bisa dilakukan minyak zaitun untuk kecantikan Anda.
Pengganti krim cukur
Kehabisan krim cukur? Jangan khawatir, gunakan saja minyak zaitun. Minyaknya akan melembutkan rambut-rambut yang kasar dan memberikan hasil cukur yang lebih mulus. Pssst, kalau suami Anda memiliki kulit wajah sensitif sehingga takut mencukur, coba berikan minyak zaitun sebagai pengganti krim cukurnya dan lihat khasiatnya.
Menghaluskan kutikula
Berangan-angan memiliki kuku yang lebih kuat, bebas dari kutikula, sekaligus tangan yang lembut? Celupkan kuku-kuku jari Anda ke dalam minyak zaitun hangat. Minyaknya akan membuat kutikula melunak, sekaligus menguatkan kuku yang mudah patah. Lalu oleskan minyak tersebut pada tangan sebelum tidur, lalu bungkus dengan sarung tangan dari katun, biarkan semalaman.
Melembapkan kulit kering
Lembapkan daerah kering pada bagian tubuh Anda dengan mengoleskan minyak zaitun di titik-titik tertentu. Oleskan secukupnya pada bagian-bagian tubuh kering, seperti kulit bibir kering, kulit kaki yang kering, atau di bagian tubuh mana pun yang ingin Anda lembapkan. Minyak zaitun juga bisa digunakan sambil berendam untuk menghaluskan kulit. Campur minyak zaitun dengan minyak esensial, seperti lavender untuk lebih nyaman dan wangi.
Membersihkan sisa makeup
Minyak zaitun juga mampu menghapus sisa makeup yang menempel pada kulit. Tepuk-tepuk kapas yang sudah dicelupkan ke dalam minyak zaitun pada wajah seperti membersihkan makeup dengan pembersih susu. Bisa pula digunakan untuk membersihkan sisa maskara.
Melembutkan rambut kasar
Siram rambut dengan minyak zaitun, lalu bungkus dengan handuk, diamkan selama 30 menit. Untuk rambut yang rusak karena salah perawatan, campur ½ cangkir minyak zaitun dengan satu butir telur yang sudah dikocok, lalu siram ke rambut Anda, bungkus dengan penutup rambut plastik, biarkan selama 30-45 menit. Lakukan perawatan ini seminggu sekali lalu berikan jeda setelah menunjukkan perubahan membaik.

4 Manfaat Es Batu untuk Kecantikan Kulit dan Payudara

Es batu tidak hanya sebagai pelengkap minuman saja. Sensasi dingin es batu ternyata memiliki manfaat yang cukup besar bagi kecantikan kulit.
Butiran es dapat menenangkan jerawat yang meradang hingga dapat mengempiskannya. Tidak hanya itu, ada manfaat kecantikan lainnya yang bisa didapatkan dari es batu.
1. Menenangkan Kulit Berjerawat
Jangan sekali-kali memencet jerawat yang sedang meradang. Jerawat yang baru timbul memang terasa sedikit gatal dan sakit. Untuk menetralkannya, balurkan es batu tepat di titik jerawat. Es batu juga berfungsi untuk menghilangkan merah sekaligus mengempiskan jerawat.
2. Mengecilkan Pori-pori
Es batu juga dapat meminimalisir pori-pori wajah yang besar. Bungkus es batu dalam kapas kemudian gosokkan ke suluruh wajah. Selain merapatkan pori-pori, es batu juga bermanfaat menjaga produksi sebum (kelenjar minyak) pada kondisi normal.
3. Mengenyalkan Wajah Sebelum Make-up
Sebelum make-up, sebaiknya usapkan es batu keseluruh permukaan kulit wajah. Selain untuk menyegarkan, kulit akan lebih kenyal berkat es batu. Kulit yang kenyal dapat membuat make-up teraplikasi dengan sempurna.
4. Menghaluskan dan Mengencangkan Payudara
Buatlah air susu yang telah dibekukan menjadi es batu. Pijatkanlah payudara dengan es batu susu tersebut. Lakukan secara perlahan, karena payudara sangat sensitif. Perawatan ini bermanfaat untuk menghaluskan dan mengencangkan payudara.

Atasi Ketombe dan Jerawat Dengan Buah Apel

Kita tentu ingat dengan ungkapan “An apple a day keeps the doctor away”. Ternyata, apel tak hanya bermanfaat bagi kesehatan, tapi juga bagi kecantikan kulit. Coba dua trik ini untuk mendapatkan kulit idaman.
Kulit bersinar dan bercahaya
Rahasianya: Gunakan masker dari apel. Buah ini mengandung pelembab, dan asam apel mampu menghaluskan kerut-kerut pada kulit. Karen Behnke, pendiri kosmetik Juice Beauty dari San Rafael, California, menjelaskan hal ini dan memberikan resep masker andalannya untuk dicoba.
Bahan:
1 bh apel hijau (kulit tak perlu dikupas), potong kecil-kecil
100 gr anggur hijau
1 sdm air perasan lemon
50 gr lidah buaya, potong-potong
Cara membuat:
Campur semua bahan dalam blender. Lumatkan hingga kental. Setelah selesai, aplikasikan ke wajah dan leher secara menyeluruh. Diamkan 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.
Perlu diingat: Sebelum aplikasi dilakukan, lakukan tes kecil terlebih dahulu. Pulaskan sedikit masker ke wajah atau leher. Tunggu sejenak dan lihat apakah ada reaksi alergi. Jika tidak, kita boleh melanjutkan bermasker.
Mengatasi kulit kepala berketombe
Sari buah atau cuka apel ampuh untuk membersihkan bakteri di kulit kepala pemicu ketombe. Hal ini dikemukakan oleh Cal Orey, penulis buku The Healing Powers of Vinegar. Buktikan: Pijat kulit kepala dengan lima sendok makan cuka apel atau sampai merata ke seluruh kulit kepala. Diamkan selama 1 menit. Kemudian, cuci rambut dengan sampo hingga aroma cuka hilang.
Hilangkan jerawat
Selain melembabkan kulit kering, masker apel plus madu dapat membantu mengatasi jerawat. Resepnya: Parut separuh buah apel, campur dengan empat sendok makan madu, aduk rata. Bubuhkan masker di atas jerawat. Diamkan 10-15 menit, lalu bilas dengan air.


Merawat Kesehatan Kuku Dengan Cara-cara Alami

Merawat kuku tak harus di salon dengan bantuan para profesional. Kuku juga bisa dirawat secara alami dan dilakukan sendiri di rumah. Berikut caranya seperti dikutip dari Carefair.
Kuku menguning
Warna kuku yang menguning merupakan masalah umum dan sering dialami siapa saja. Cara mengatasinya cukup mudah. Campurkan satu sendok perasan lemon dengan pasta gigi untuk memutihkan gigi. Aduk merata, lalu oleskan ramuan tersebut di kuku Anda. Diamkan selama beberapa menit. Ketika ramuan telah mengering, basuh kuku Anda dengan air hangat. Lakukan seminggu sekali secara teratur, dan warna kuku Anda akan kembali normal.

Tampilan kutikula

Kutikula adalah bagian yang juga harus dirawat untuk memelihara keindahan kuku. Kutikula yang sehat adalah yang lembut dan berwarna cerah. Untuk mendapatkannya, campurkan vitamin E cair sebanyak satu sendok teh dengan minyak zaitun. Oleskan ke kuku Anda, dan lakukan secara teratur.
Merawat kulit sekitar kuku
Tak hanya kesehatan kuku, kesehatan kulit disekitarnya juga menentukan. Anda bisa membuat kuku tangan dan kaki tetap lembut dan halus dengan masker buatan sendiri. Campurkan satu sendok teh baking soda, satu sendok teh garam dapur dan satu sendok oatmeal. Campurkan dengan air hingga berbentuk pasta. Balurkan masker ini ke kulit tangan dan kaki Anda, lalu rasakan sendiri hasilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar